Berita

Tips Agar Pengeluaran Tidak Membengkak Saat Hari Raya Idul Fitri

Minggu, 16 Mei 2021 - 20:14
Tips Agar Pengeluaran Tidak Membengkak Saat Hari Raya Idul Fitri Ilustrasi (FOTO: pfimegalife.co.id)

TIMES SINGARAJA, JAKARTA – Tradisi Tunjangan Hari Raya (THR) rupanya selalu menjadi bagian dari perayaan Idul Fitri pada setiap tahunnya. Istilah salam tempel yang selalu lekat dengan pemberian sedikit rezeki kepada para kerabat atau keponakan yang sudah mendarah daging di kehidupan masyarakat Indonesia.

Tentunya, jika kita tidak mengontrol penggunaan keuangan bisa berdampak kurang baik setelah hari raya berlalu. Untuk itu berikut beberapa tips yang bisa di jadikan referensi untuk mengatur pengeluaran di hari raya idul fitri.

1. Hitung Jumlah Kerabat

Dengan mengetahui jumlah keluarga yang akan diberi THR akan semakin memudahkan kita untuk mengelola keuangan di hari raya idul fitri.

Hal ini juga sebagai cara untuk mengatur porsi jumlah hingga anggaran yang anda miliki untuk dialokasikan sebagai dana salam tempel.

2. Buat Rincian Anggaran

Menghitung secara rinci kebutuhan lebaran juga salah satu upaya untuk mengelola keuangan Anda dengan baik. Hal ini agar anda memiliki batasan untuk menggunakan dana keuangan secara bijak dan tidak berlebihan.

Untuk itu, penempatan memenuhi kebutuhan sebelum keinginan adalah langkah tepat agar anda bisa berhemat di momen lebaran kali ini.

3. Pastikan Keuangan Tercukupi

Hal ini bertujuan agar anda tidak kebingungan dana keuangan setelah hari raya idul fitri usai. Terkadang euforia hari raya tidak bisa terbendung hingga akhirnya kita sering menggunakan dana cadangan untuk berpesta bersama teman-teman.

Akhirnya setelah momentum hari raya kita seringkali harus berhutang demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ini merupakan hal kurang baik, mengingat keberlangsungan memenuhi kebutuhan hidup juga perlu dipikirkan setelah lebaran berlalu.

Pengaturan keuangan secara baik tentunya akan membuat anda merasa tenang untuk merayakan hari raya Idul Fitri bersama kerabat dan keluarga. Tentunya bukan berarti hemat itu harus pelit, namun kebutuhan hidup adalah hal pokok yang harus dipenuhi terlebih dahulu. (*)

Pewarta : Riswan Efendi (MG-307)
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Singaraja just now

Welcome to TIMES Singaraja

TIMES Singaraja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.