Kopi TIMES

Ngopi Pagi: Kelebihan Dan Kekurangan

Sabtu, 01 Mei 2021 - 07:03
Ngopi Pagi: Kelebihan dan Kekurangan Noor Shodiq Askandar adalah Ketua PW LP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma.

TIMES SINGARAJA, JAKARTA – Setiap orang itu pasti punya kelebihan disatu sisi dan kelemahan disisi yang lain sahabat ngopi pagi. Tidak ada manusia yang sempurna dan kemudian hanya punya kelebihan, tanpa ada kekurangan sedikitpun. Hanya Allah swt sajalah dzat yang mempunyai kesempurnaan tanpa kekurangan apapun.

Oleh karena itu, sebetulnya tidak perlu ada yang disombongkan dari kelebihan yang dimiliki. Sebaliknya juga tidak harus mengeluh atas kekurangan yang ada pada dirinya. Semuanya adalah hal yang normal sekaligus terkandung peringatan agar manusia tetap hidup dalam keseimbangan.

Terhadap kelebihan yang dimiliki, maka syukurilah dengan membuat hidup ini lebih bermanfaat bagi ummat manusia lainnya. Jika punya kelebihan ilmu, maka amalkan dan sebarkan ilmu kepada orang lain. Jadikan kelebihan itu untuk mendorong orang lain, agar terus belajar untuk mendapatkan kelebihan yang serupa. Bahkan jika perlu, menjadi sangat berbahagia jika orang yang belajar pada kita, kehidupannya lebih sukses. Terhadap orang yang tidak mau berbagi ilamu, Rasulullah saw memperingatkan bahwa ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah. Pohon yang tidak berbuah itu manfaat terbesarnya justru sesudah mati.

Bagitu juga sebaliknya. Orang yang kekurangan tidak perlu mengeluh, karena dalam kekurangan itu biasanya juga ada kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Orang yang punya kekurangan dalam penglihatan, biasanya punya ketajaman naluri yang tidak dimiliki orang yang normal dapat melihat sesuatu dengan kasat mata. Orang yang tangannya tidak normal, seringkali justru bisa mengoptimalkan bagian tubuh lain dengan lebih baik. Mengeluh tidak dibenarkan dalam Islam, karena Allah swt yang maha mengetahui apa yang terbaik bagi mahluqnya. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Al Qur’an surat Al Baqoroh ayat 216 “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. Bisa jadi pula, kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah swt maha mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”.

Kelebihan dan kekurangan atas ummat manusia, jika mau berfikir positif adalah kesempatan yang baik agar dapat saling mengisi satu sama lain dan meningkat kepada kerjasama yang saling menguntungkan.  Dengan bekerjasama, akan dapat meningkatkan nilai tambah atas sesuatu yang diupayakan bersama antara sesama ummat manusia. Hal ini juga sebagaimana diperintahkan oleh Allah swt “bekerjasamalah kalian dalam kebaikan dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah swt dan jangan bekerjasama yang dapat mengakibatkan keburukan dan kerusakan. Bagaimana dengan sahabat ngopi pagi semua ???

 

***

*) Penulis Noor Shodiq Askandar adalah Ketua PW LP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

 

____________
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim.

Pewarta :
Editor : Yatimul Ainun
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Singaraja just now

Welcome to TIMES Singaraja

TIMES Singaraja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.